Air Terjun Curug Gendang

Air Terjun Curug Gendang

Kabupaten Pandeglang – Banten – Indonesia
Air Terjun Curug Gendang

Air Terjun Curug Gendang

A. Selayang Pandang

Berwisata ke Kabupaten Pandeglang tentu belum lengkap bila belum mengunjungi Air Terjun Curug Gendang. Biasanya, setelah puas menikmati keindahan Pantai Carita dan menjelajahi Taman Wisata Alam Carita, pengunjung akan mencoba menikmati suasana lain, yaitu mandi di Curug Gendang yang lokasinya tidak terlalu jauh dari kedua obyek wisata tersebut.

Pada awalnya, air terjun yang berada sekitar 170 meter di atas permukaan laut (dpl) dan berasal dari hulu mata air Gunung Panganjaran ini bernama Curug Citajur. Namun karena suara air terjunnya yang mirip dengan suara gendang atau tambur, masyarakat setempat kemudian menamainya Curug Gendang. Konon, kawasan Curug Gendang ini dahulunya digunakan oleh para pejuang kemerdekaan Indonesia sebagai tempat persembunyian dari kejaran tentara Belanda.

B. Keistimewaan

Obyek wisata Curug Gendang merupakan perpaduan dari hutan yang lebat, jalan setapak yang berliku-liku, panorama alam yang indah, dan air terjun yang jernih. Kondisi alam yang sedemikian rupa ini memberi cukup ruang kepada pengunjung untuk melakukan berbagai kegiatan.

Hutannya yang hijau dan lebat, serta ditingkahi siulan aneka burung, tepat sekali dipilih sebagai tempat untuk lepas sejenak dari rutinitas atau sekadar mencari inspirasi. Di kawasan ini, terdapat berbagai flora langka, seperti jati (tectona grandis), mahoni (swietenia macrophylla), mahoni afrika (swietenia khaya antoteca), bungur (lagerstromia speciosa), dan lain sebagainya.

Berbagai fauna langka, antara lain babi hutan (susvitatus), kera ekor panjang (macaca fascicularis), lutung (tachypitechus auratus), biawak (varanus salvator), ular sanca (phyton sp), kelelawar (ordo chiroptera), alap-alap (falco moluccensis), tupai (tupaiidae), dan elang (spilornis cheela), juga dapat dijumpai di sini.

Sementara itu, jalan setapak yang berliku-liku dan terkadang naik-turun, serta tebing dan jurang di sisi kiri-kanannya, tentu menjadi lokasi yang diidam-idamkan oleh pecinta olahraga lintas alam. Ketika perjalanan sampai di punggung perbukitan, pengunjung dapat melihat hijaunya pepohonan di kaki bukit, atau menikmati eksotisme Selat Sunda dan Gunung Anak Krakatau dari kejauhan.

Rasa penat selama menempuh perjalanan akan terobati begitu sampai di air terjun setinggi 7 meter dengan kedalaman 13 meter dan luas 10 meter tersebut. Suara air terjunnya yang bagai suara tambur dan air kolamnya yang bening itu memikat pengunjung untuk segera menceburkan diri ke dalamnya. Di sini, pengunjung dapat melepas lelah dan gerah dengan mencuci muka, merendam kaki, atau mandi sepuasnya. Bagi pengunjung yang ingin menguji nyalinya dapat melompat dari tebing-tebing batu yang terdapat di bagian atas Curug Gendang.                  

C. Lokasi

Air Terjun Curug Gendang terletak di Kecamatan Carita, Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten, Indonesia.

D. Akses

Dari Jakarta, pengunjung dapat mengambil rute Jakarta-Serang-Pandeglang-Labuan-Carita dengan jarak tempuh sekitar 160 kilometer. Sedangkan dari Bogor, dapat mengambil rute Bogor-Rangkasbitung-Pandeglang-Labuan-Carita dengan jarak tempuh sekitar 150 kilometer. Dari jalan raya Carita, Curug Gendang berjarak sekitar 2 kilometer, atau sekitar 3,5 kilometer dari Taman Wisata Alam Carita. Setelah sampai di area parkir atau pos jaga/pos retribusi, kemudian perjalanan dilanjutkan menuju Curug Gendang dengan berjalan kaki sekitar 1 kilometer.

E. Harga Tiket

Setiap pengunjung dipungut biaya Rp 2.100,- (Maret 2007)

F. Akomodasi dan Fasilitas Lainnya

Pengunjung yang ingin menginap tidak perlu cemas karena di sekitar kawasan Curug Gendang terdapat home stay, pesanggrahan, dan wisma dengan berbagai tipe. Disediakannya camping ground yang luas dan aman dapat digunakan pengunjung yang ingin menikmati kawasan ini dengan berkemah.

Di sini terdapat warung yang menyediakan makanan dan minuman, sehingga pengunjung tidak akan kelaparan berada di lokasi air terjun tersebut.

Berbagai fasilitas lainnya, seperti areal parkir yang luas dan aman, pos jaga, dan toilet, juga terdapat di sini.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: