Pantai Karang Bolong

Pantai Karang Bolong

Kabupaten Serang – Banten – Indonesia
Pantai Karang Bolong

Pantai Karang Bolong

A. Selayang Pandang

Pantai Karang Bolong adalah salah satu obyek wisata pantai yang terkenal di Kabupaten Serang, Provinsi Banten. Berbeda dengan pantai-pantai lainnya di Provinsi Banten, seperti Pantai Anyer, Pantai Carita, dan Pantai Tanjung Lesung yang populer dengan keindahan panorama pantai dan pesona bawah lautnya, daya tarik Pantai Karang Bolong justru terletak pada sebuah batu karang besar bolong yang terdapat di pantainya.

Pada awalnya, pantai yang berada di ruas jalan utama Anyer-Carita ini dikenal dengan Karang Suraga. Nama ini diambil dari Suryadilaga, nama orang sakti mandraguna pada zaman dahulu yang bertapa di tempat ini hingga akhir hayatnya. Meski Suryadilaga telah lama meninggal, masyarakat sekitar pantai ini meyakini bahwa ia masih hidup dan bermukim di pantai tersebut.

Dalam perkembangan selanjutnya, perlahan-lahan nama Karang Suraga memudar dan berganti nama menjadi Karang Bolong. Hal ini disebabkan adanya sebuah batu karang besar yang di tengahnya berlubang (bolong) dan membentuk sebuah lengkungan. Salah satu ujung karangnya berada di tepi pantai, sementara ujung karang yang satu lagi menghadap ke laut lepas. Menurut perkiraan para ahli, lubang yang terdapat pada batu karang ini karena terkikis oleh air laut dalam kurun waktu yang lama. Namun ada juga yang berpendapat, batu karang tersebut berlubang akibat dari letusan dahsyat Gunung Krakatau pada tanggal 27 Agustus 1883 M.   

B. Keistimewaan                                      

Daya tarik pantai ini terletak pada batu karang besar berbentuk setengah lingkaran yang bagian tengahnya berlubang. Selain itu, terdapat juga batu karang-batu karang kecil yang berada di sepanjang pantainya. Oleh karena itu, mengintip laut biru dengan riak ombak yang susul-menyusul dari balik batu karang yang berlubang merupakan tujuan utama wisatawan mengunjungi pantai ini. Batu karang besar tersebut juga dijadikan wisatawan sebagai latar untuk berfoto. Sedangkan duduk di atas batu karang-batu karang kecil adalah salah satu cara wisatawan menikmati kawasan pantai ini. Keberadaan batu karang-batu karang kecil ini juga dapat dimanfaatkan wisatawan untuk mencari ikan, siput, dan udang di celah-celahnya.

Sementara itu, hamparan pasir putih pantainya yang luas dan landai, serta panorama alamnya yang memesona, membuat obyek wisata ini begitu spesial ketika dikunjungi bersama keluarga atau kolega. Kondisi pantai yang demikian memberi cukup ruang bagi wisatawan untuk melakukan berbagai kegiatan, seperti berjemur dan membuat patung dari pasir. Pasir pantainya yang halus sangat mendukung wisatawan yang ingin berolahraga, seperti main sepak bola dan voli pantai. Ombak lautnya yang relatif kecil mendukung wisatawan yang ingin berenang dan bermain ombak.

Di sini juga tersedia jasa persewaan perahu motor dan banana boat, sehingga wisatawan dapat menikmati kawasan pantai ini dengan naik perahu dan banana boat. Bagi wisatawan yang ingin bersantai sambil menikmati hembusan angin laut yang bertiup sepoi-sepoi, dapat duduk lesehan di atas tikar yang disewakan. Selain menikmati pantainya yang banyak batu karangnya, memancing merupakan salah satu tujuan wisatawan berkunjung ke Pantai Karang Bolong, karena di kawasan ini terdapat berbagai jenis ikan.

Pada sore hari, eksotisme Pantai Karang Bolong kian terasa. Turis dapat menikmati suasana matahari tenggelam (sunset) sambil bersantai di pondok-pondok wisata, taman, shelter-shelter, dan warung-warung yang terdapat di sana. Sedangkan bagi turis yang ingin menikmati pesona pantai ini dari sudut pandang yang berbeda, dapat naik ke puncak batu karang melalui tangga yang terdapat di sisi kanan dan kirinya. Di atas puncak batu karang terdapat kupel peninjauan dan hutan kecil. Angin laut yang bertiup sepoi-sepoi dan menerpa wajah dan rambut menghadirkan sensasi tersendiri bagi turis yang berada di puncak batu karang tersebut. Dari tempat sejuk ini, turis juga dapat menikmati pesona Selat Sunda menjelang senja dari kejauhan dan riak ombak yang berkejar-kejaran menerjang batu karang.   

C. Lokasi

Secara administratif, Pantai Karang Bolong masuk dalam wilayah Desa Karang Bolong, Kecamatan Anyer, Kabupaten Serang, Provinsi Banten, Indonesia.

D. Akses

Jakarta-Pantai Karang Bolong berjarak sekitar 140 kilometer dengan waktu tempuh sekitar 2 jam. Sedangkan dari Kota Serang, ibukota Provinsi Banten, Pantai Karang Bolong berjarak sekitar 50 kilometer. Dari Jakarta, bagi wisatawan yang menggunakan kendaraan pribadi, dapat mengambil rute Jakarta-Merak dan keluar melalui pintu tol Cilegon Timur. Kemudian, perjalanan dilanjutkan ke arah selatan dengan menyusuri jalan raya Anyer. Sedangkan bagi wisatawan yang menggunakan angkutan umum, dapat naik bus jurusan Jakarta-Merak dan turun di Kota Cilegon. Dari Cilegon, perjalanan dilanjutkan dengan naik bus jurusan Cilegon-Labuan dan turun di Pantai Karang Bolong. Berbagai papan penunjuk arah di sini memudahkan wisatawan untuk mengakses obyek wisata Pantai Karang Bolong.   

E. Harga Tiket

Setiap pelancong yang mengunjungi Pantai Karang Bolong dipungut biaya sebesar Rp 5.000 per orang (Januari 2008).

F. Akomodasi dan Fasilitas Lainnya

Bagi turis yang ingin menginap tidak perlu cemas, karena di kawasan Pantai Karang Bolong terdapat home stay, wisma, hotel, resort, cottage, dan villa dengan berbagai tipe. Di sini juga tersedia camping ground, sehingga dapat digunakan oleh turis yang ingin berkemah.

Kawasan pantai ini juga dilengkapi dengan jaringan filber optik untuk mengakses internet dan jaringan komunikasi baik lokal, interlokal maupun internasional, sehingga turis dapat menjalin komunikasi dan mengikuti perkembangan informasi.

Jejeran pedagang kaki lima dan warung tenda di sepanjang pantai, serta rumah makan, kafe, dan restoran yang menawarkan berbagai menu, memberikan banyak pilihan kepada turis untuk menyantap makanan yang sesuai dengan keinginannya.

Berbagai fasilitas lainnya, seperti pusat informasi pariwisata, penjaga pantai, taman, area parkir yang luas dan aman, arena bermain anak-anak, kolam renang, pondok-pondok wisata, shelter-shelter, sentra oleh-oleh dan cenderamata, persewaan tikar, serta persewaan perahu dan speed boat, juga tersedia di sini

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: