Pulau Umang

Pulau Umang

Kabupaten Pandeglang – Banten – Indonesia
Pulau Umang

Pulau Umang, Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten

A. Selayang Pandang

Sejak dahulu, dengan cara dan motivasinya masing-masing, setiap manusia melakukan kegiatan wisata. Bagi banyak orang, tempat rekreasi yang menawarkan berbagai destinasi wisata dan aneka fasilitas pendukung menjadi pilihan utama untuk dikunjungi. Salah satu tempat rekreasi populer yang memenuhi kriteria di atas adalah Pulau Umang yang terletak di Teluk Sumur, Kecamatan Sumur, Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten. Dinamakan Pulau Umang karena di sana banyak sekali ditemukan binatang umang/klomang (hermit crab), sejenis binatang yang memiliki cangkang atau rumah mirip keong. Konon, umang merupakan binatang endemik pulau tersebut.

Meski baru diresmikan pada tahun 2004, tempat wisata nan eksotik ini telah dilengkapi dengan berbagai fasilitas pendukung yang terbilang lengkap dan representatif. Oleh sebab itu, bagi Anda yang ingin menikmati berbagai destinasi wisata dan aneka fasilitas pendukung dalam satu lokasi, Pulau Umang tepat sekali dipilih sebagai tempat refreshing di akhir pekan atau hari-hari libur lainnya bersama keluarga atau kolega.     

B. Keistimewaan

Bertamasya ke Pulau Umang terbilang istimewa. Sebab, tempat wisata yang memadukan wisata pantai dan wisata bahari ini diapit oleh beberapa destinasi wisata terkenal di Provinsi Banten, seperti Taman Nasional Ujung Kulon dan Pantai Carita di sebelah selatan, Pantai Tanjung Lesung di sebelah utara, serta Pulau Panaitan dan beberapa pulau kecil di sebelah barat.

Tatkala menempuh perjalanan dari dermaga Kecamatan Sumur menuju Pulau Umang dengan menggunakan perahu motor, wisatawan akan berdecak kagum melihat biru laut, hamparan pasir putih, panorama pantai yang indah, dan hijau dedaunan dari kejauhan. Sesampainya di Pulau Umang, wisatawan akan terpukau oleh hembusan udaranya yang bersih dan sejuk, serta pesona alam sekitarnya nan rancak.

Bagi turis yang suka dengan wisata tirta (air), di pulau ini tersedia berbagai permainan air yang seru dan menantang, seperti berperahu, berselancar, jet ski, banana boat, dan snorkeling. Hembusan angin dan gelombang lautnya relatif kecil karena Pulau Umang terletak di antara laut utara dan selatan Jawa, sehingga nyaman digunakan untuk berenang atau bermain ombak di pantainya. Di sini juga tersedia kolam renang yang terletak di pinggir laut, sehingga tepat sekali dipilih oleh turis yang ingin berenang di air tawar sembari menikmati panorama pantai yang indah. Sehabis berenang, turis dapat mencoba paket pijat jacuzzy untuk meregangkan urat-urat yang tegang dan tubuh yang pegal. Selain itu, juga tersedia paket spa dan pijatan aromaterapi sambil mendengarkan deburan ombak. Berbagai jenis ikan yang terdapat di perairan yang mengelilingi pulau wisata tersebut, mengakomodasi keinginan turis yang ingin menyalurkan hobi memancing.

Di samping itu, turis juga dapat menikmati pesona kawasan wisata ini dengan cara berjemur di hamparan pasir putih yang bersih, duduk santai di bawah rindang pepohonan, atau melihat lokasi pengembangan terumbu karang (coral reef). Aktivitas lain yang dapat dilakukan oleh turis adalah mengelilingi kawasan wisata seluas 5 hektar tersebut dengan berjalan kaki. Ketika berkeliling, turis dapat melihat kekayaan flora dan faunanya, serta menikmati panorama Pulau Umang dari sudut pandang yang berbeda-beda.            

Ketika hari merangkak sore, eksotisme kawasan ini kian terasa. Pelancong dapat menikmati keeksotisannya sambil bersantai di resort, kafe-kafe, pondok-pondok wisata, dan shelter. Di depan setiap suites penginapan terdapat gazebo yang lokasinya dekat dengan pantai. Biasanya, gazebo tersebut merupakan tempat favorit pelancong untuk menikmati pesona matahari terbenam (sunset) dan Selat Sunda menjelang malam. Untuk tempat makan malam, kepada pelancong ditawarkan dua pilihan, yaitu di pinggir pantai sambil mendengarkan deburan ombak atau sembari mendengarkan alunan musik dan lagu di kafe.

Sedangkan bagi pengunjung yang memiliki waktu berlebih dan ingin menikmati suasana lain, dapat mengunjungi Pulau Omar yang terletak di sebelah tenggara Pulau Umang. Pulau asri tersebut dapat diakses sekitar 10 menit dari Pulau Umang dengan menyewa perahu motor. Di pulau tak berpenghuni ini, pengunjung dapat menikmati hijau dan rimbun dedaunan dari berbagai jenis pepohonan, panorama pantai yang indah, pesona bawah laut dengan aneka spesies ikan yang berenang secara bergerombolan dan terumbu karang yang rancak, serta aneka permainan air yang seru.     

C. Lokasi

Secara administratif, Pulau Umang masuk dalam wilayah Kecamatan Sumur, Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten, Indonesia.

D. Akses

Jakarta—Pulau Umang berjarak sekitar 183 kilometer yang dapat ditempuh dalam rentang waktu sekitar 4 jam dengan menggunakan bus. Dari Jakarta, wisatawan dapat naik bus jurusan Kalideres-Labuan dengan ongkos Rp 25.000. Kemudian perjalanan dilanjutkan dengan naik bus jurusan Labuan—Sumur dengan ongkos Rp 15.000. Setelah sampai di dermaga Sumur, perjalanan dilanjutkan dengan naik perahu motor menuju Pulau Umang dengan waktu tempuh sekitar 10 menit. Selain itu, pengelola Pulau Umang juga menyediakan shuttle berupa minibus dari Jakarta dengan ongkos Rp 250.000 pergi-pulang per orang (Januari 2008). 

E. Harga Tiket

Dalam proses konfirmasi.

F. Akomodasi dan Fasilitas Lainnya

Di kawasan wisata Pulau Umang terdapat restoran, kafe, dan toko yang menyediakan berbagai kebutuhan wisatawan, seperti makanan, minuman, dan peralatan memancing. Juga tersedia outlet yang menjual aneka cenderamata khas pulau wisata ini, seperti pajangan dari kerang, gantungan kunci, dan kaos bertuliskan Pulau Umang.

Bagi wisatawan yang ingin menginap, dapat menyewa villa, bungalow, resort, cottage, dan wisma dengan berbagai tipe. Di sini juga terdapat camping ground yang luas dan aman, sehingga dapat digunakan oleh wisatawan yang ingin berkemah.

Berbagai fasilitas lainnya, seperti pusat informasi pariwisata, jaminan keamanan, taman, kolam renang, gazebo, pondok wisata, shelter, arena bermain anak-anak, persewaan perahu dan speed boat, serta wahana-wahana wisata lainnya, juga tersedia di sini.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: