Air Terjun Curug Cimahi

Air Terjun Curug Cimahi

Kabupaten Bandung Barat – Jawa Barat – Indonesia
Air Terjun Curug Cimahi

Air Terjun Curug Cimahi

A. Selayang Pandang

Berwisata ke Bandung, kota yang cukup terkenal dengan obyek wisata alam Gunung Tangkuban Perahu, terasa kurang lengkap sebelum menikmati kesegaran dan kehijauan pemandangan alam obyek wisata Air Terjun Curug Cimahi. Curug Cimahi berasal dari kata curug (bahasa Sunda) yang berarti air terjun. Sedangkan kata Cimahi berasal dari nama sungai yang mengalir di atasnya, yaitu Sungai Cimahi yang berhulu di Situ (danau) Lembang.

Obyek wisata ini mulai dibuka untuk umum pada tahun 1978, dengan menempati area seluas 2 hektar dan merupakan obyek wisata air terjun tertinggi di antara air terjun lainnya di Bandung, dengan ketinggian sekitar 85 meter.

Menurut cerita yang berkembang dalam masyarakat setempat, menadahkan badan di bawah siraman air terjun ini dipercaya dapat menyembuhkan penyakit, terapi kesehatan, dan pembangkit aura. Sebab, air terjun tersebut memancarkan aura positif yang akan membantu meningkatkan energi tubuh dan memacu proses kesembuhan.

B. Keistimewaan

Dalam jarak belasan meter, pengunjung sudah dapat merasakan kesejukan air terjun dan melihat jernihnya aliran air terjun. Dengan kondisi air yang seperti itu, wisatawan dapat mandi, beredam, atau bermain-main pada air terjun tersebut sambil melihat cipratan air yang mirip dengan butiran mutiara. Pada waktu tertentu, wisatawan juga dapat melihat pelangi yang tampak indah di lokasi ini.

Untuk menuju lokasi air terjun, pengunjung harus menuruni jalan setapak berundak-undak sebanyak 520 undakan yang terbuat dari batu kali. Di sebelah kiri jalan merupakan dinding bukit yang berupa tanah. Sedangkan di bagian kanan jalan terdapat pagar pengaman yang terbuat dari kayu sebagai pelindung dari jurang yang berada di bawahnya. Selama menyusuri jalan berundak itu, pengunjung akan melihat  pemandangan alam yang indah di sekitar lokasi air terjun, satwa-satwa liar seperti burung yang bertengger di ranting-ranting pohon, dan monyet yang saling berkejaran dari satu ranting ke ranting pohon yang lain. Untuk menuju air terjun tersebut dibutuhkan waktu sekitar 20—30 menit dari pintu masuk.

C. Lokasi

Obyek wisata Air Terjun Curug Cimahi terletak di Jalan Kolonel Masturi, Desa Kertawangi, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bandung Barat, Propinsi Jawa Barat, Indonesia.

D. Akses

Wisatawan yang ingin berkunjung ke obyek wisata Curug Cimahi, dapat menggunakan kendaraan umum maupun kendaraan pribadi. Jika wisatawan menggunakan kendaraan pribadi (mobil) dari pusat Kota Bandung, perjalanan dapat menyusuri jalur Ciheudeung menuju Cisarua dengan waktu sekitar 1 jam perjalanan.

Namun, jika pengunjung menggunakan kendaraan umum (bus), perjalanan dapat dimulai dari Terminal Pasar Atas Cimahi atau Terminal Lembang, Kabupaten Bandung. Jika memulai perjalanan dari Terminal Pasar Atas Cimahi, wisatawan dapat naik bus jurusan Cimahi—Cisarua dengan tarif sekitar Rp 5.000 untuk sampai ke lokasi (Oktober 2008). Namun, jika memulai perjalanan dari Terminal Lembang, para pelancong dapat naik bus jurusan Lembang—Cisarua dan turun di depan gerbang obyek wisata Curug Cimahi ini.

E. Harga Tiket

Untuk bisa menikmati kesejukan dan kesegaran air terjun Curug Cimahi, pengunjung harus membayar tiket masuk sebesar Rp 3.000 per orang (Oktober 2008).

F. Akomodasi dan Fasilitas Lainnya

Di sekitar area air terjun Curug Cimahi terdapat para pedagang yang menjual berbagai macam makanan dan minuman. Terdapat juga para pedagang mainan anak, topi, dan cenderamata. Fasilitas lain yang terdapat di area wisata ini ialah mushala, parkir luas, shelter (tempat bersantai), pagar pengaman, pusat informasi, dan peta lokasi obyek wisata.

One Response to “Air Terjun Curug Cimahi”

  1. kredit tanpa agunan Says:

    mantap gan memang bandung memiliki banyak tempat wisata yg bersejarah leluhur nya
    mantap gan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: