Gunung Galunggung

Gunung Galunggung

Kabupaten Tasikmalaya – Jawa Barat – Indonesia
Gunung Galunggung

Danau Kawah di Gunung Galunggung

A. Selayang Pandang

Gunung Galunggung merupakan gunung berapi kategori strato (gunung berapi mirip kerucut) dengan ketinggian 2.167 meter di atas permukaan laut (dpl) atau sekitar 1.820 meter di atas dataran Tasikmalaya. Dalam sejarahnya, gunung yang menempati areal sekitar 275 kilometer ini pernah meletus beberapa kali. Pertama kali meletus pada tanggal 18 Oktober 1882 dan terakhir kali meletus pada tanggal 5 April 1982.

Letusan terakhirnya bertipe vulcanian vertical (seperti letusan cendawan bom atom), yang semburannya mencapai 20 kilometer ke angkasa. Letusan tersebut juga diikuti dengan semburan piroclastic (debu halus) yang menghujani Tasikmalaya, Garut, Cianjur, Bandung, dan kota-kota lain yang berada dalam radius 100 kilometer dari Gunung Galunggung.       

B. Keistimewaan

Di kawasan Gunung Galunggung terdapat dua tempat wisata favorit, yaitu Danau Kawah dan Pemandian Cipanas. Dari pintu masuk, pengunjung yang ingin ke lokasi kawah mengambil jalan ke arah kiri. Sedangkan pengunjung yang akan ke Pemandian Cipanas mengambil jalan ke arah kanan.

Untuk menuju lokasi Danau Kawah, pengunjung akan melewati sekitar 620 anak tangga yang menjadi salah satu tempat favorit untuk berfoto. Untuk mencapai dasar kawah, pengunjung harus turun sekitar 100 meter. Di dasar kawahnya, pengunjung dapat menikmati pesona alamnya yang eksotik, berfoto, dan memancing aneka jenis ikan air tawar Danau Kawah.

Di lokasi tersebut juga terdapat sungai dari resapan Danau Kawah, gua, terowongan air menuju Sungai Cibanjaran dan Cikunir, serta masjid. Konon, masjid tersebut dulunya berada di area yang tinggi. Namun, posisinya berubah di dasar kawah seperti saat ini akibat letusan Gunung Galunggung pada tahun 1982.

Pada malam hari, dari bibir kawahnya, pengunjung dapat melihat keindahan kerlap-kerlip cahaya lampu Kota Tasikmalaya dan sekitarnya.                

Lokasi Pemandian Cipanas tidak begitu jauh dari pintu masuk dan dapat diakses dengan berjalan kaki. Di kawasan seluas 3 hektar ini terdapat dua lokasi pemandian, masing-masing dikelola oleh pemerintah daerah setempat dan Perhutani. Di kawasan ini terdapat kolam renang, kamar mandi, dan bak rendam air panas. Kecuali itu, di kawasan ini pengunjung juga dapat menikmati keindahan air terjun yang memesona.

Selain Danau Kawah dan Pemandian Cipanas, di kawasan tersebut juga terdapat wanawisata (wisata hutan) yang memiliki areal sekitar 120 hektar yang dikelola pihak Perhutani. Kawasan ini berhawa sejuk, udaranya segar, dan teduh, sehingga cocok sekali dijadikan tempat untuk bersantai bersama keluarga atau berkemah.                 

C. Lokasi

Gunung Galunggung terletak di Kecamatan Sukaratu, Kabupaten Tasikmalaya, Provinsi Jawa Barat, Indonesia. Berjarak sekitar 20 kilometer ke arah barat daya dari Kota Tasikmalaya.   

D. Akses

Pengunjung yang menggunakan kendaraan pribadi dapat langsung mengaksesnya sampai ke areal parkir kawasan Gunung Galunggung. Bagi pengunjung yang menggunakan kendaraan umum, dan berasal dari luar Tasikmalaya, sebaiknya turun di Terminal Bus Tasikmalaya. Kemudian, perjalanan dilanjutkan naik angkutan kota jurusan Terminal-Galunggung-Singaparna dengan ongkos sekitar Rp 4.000, s/d Rp.5.000,- per orang (data 2008). Selain dengan angkutan kota, pengunjung juga dapat menggunakan ojek atau mobil pick up.       

E. Harga Tiket

Harga tiket masuk sekitar Rp 2.500,- per orang (data 2008).

F. Akomodasi dan Fasilitas

Di kawasan ini terdapat berbagai fasilitas, seperti areal parkir yang luas dan aman, masjid, kafe, sarana bermain anak-anak, kolam renang, bak rendam air panas, arena pertunjukan, camping ground, shelter-shelter, serta sentra oleh-oleh dan jajanan. 

Pengunjung yang ingin menginap tidak perlu khawatir karena di sekitar kawasan wisata ini terdapat wisma dan hotel dengan berbagai tipe.

One Response to “Gunung Galunggung”

  1. lita Says:

    kalau boleh tau harga tiket masuk gunung galunggung untuk tahun 2010 berapa ya?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: