Air Terjun Curug Sewu

Air Terjun Curug Sewu

Kabupaten Kendal – Jawa Tengah – Indonesia
Air Terjun Curug Sewu

Air Terjun Curug Sewu

A. Selayang Pandang

Letak Kabupaten Kendal yang berada di pesisir Pantai Utara (Pantura) Jawa Tengah sebenarnya sangat mendukung pengembangan potensi wisata pantai atau wisata bahari. Akan tetapi, sejumlah obyek wisata pantai yang terdapat di Kabupaten Kendal ternyata tidak sepopuler air terjun Curug Sewu, obyek wisata yang terletak di dataran tinggi. Curug Sewu yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Temanggung ini justru menjadi obyek tujuan wisata andalan Kabupaten Kendal.

Memasuki kompleks wisata air terjun Curug Sewu, Anda akan segera dimanjakan dengan keindahan alam dan kesejukan udara pegunungan. Letihnya perjalanan yang harus menempuh jarak dengan melewati rute naik-turun serta berkelok-kelok akan terbayar lunas sesampainya Anda di lokasi air terjun. Indahnya alam dataran tinggi, sejuknya udara gunung, segarnya aliran air, serta deburan suara air terjun Curug Sewu yang khas akan membuat nyaman hati dan pikiran Anda.

Asal-usul mengapa dinamakan Curug Sewu sebenarnya diambil dari nama desa yang menjadi lokasi air terjun ini, yaitu Desa Curug Sewu, yang berjarak sekitar 44 kilometer ke arah selatan Kota Kendal. Namun, ada juga meyakini bahwa kata “Sewu” sengaja dipakai karena merujuk pada struktur air terjun ini yang bertingkat-tingkat. Oleh karena tingkat-tingkat itu berjumlah banyak, maka air terjunnya pun diberi nama Curug Sewu (www.epwisata.wordpress.com). “Sewu” dalam bahasa Jawa berarti “seribu”, sedangkan istilah “Curug” dikenal dalam bahasa Sunda dengan makna “air terjun”. Dengan demikian, nama Curug Sewu dapat ditafsirkan dengan pengartian “air terjun yang mempunyai banyak tingkat”.


Pesona Alami Air Terjun Curug Sewu
Sumber Foto: http://koesvianto.blogspot.com

B. Keistimewaan

Air terjun Curug Sewu mempunyai keunikan tersendiri yang tidak dimiliki tempat-tempat wisata sejenis di daerah lain. Keunikannya adalah Curug Sewu memiliki tiga tingkatan atau lapisan air terjun. Tiga tingkatan air terjun tersebut masing-masing memiliki ukuran ketinggian 45 meter, 15 meter, dan 20 meter. Dengan demikian, total ketinggian air terjun Curug Sewu adalah 80 meter (www.wikipedia.org). Faktor tingginya air terjun inilah yang membuat Curug Sewu semakin terlihat indah, menawan, dan elok dalam pandangan mata.

Pesona keindahan air terjun tertinggi di Jawa Tengah ini (berada pada ketinggian 650 meter di atas permukaan laut) semakin terlihat pada waktu-waktu tertentu. Jika beruntung, Anda dapat melihat pelangi dengan puspa warna yang beraneka rupa di antara deburan air terjun Curug Sewu. Harmonisasi warna pelangi yang berpadu dengan kegagahan terjunan air yang bertingkat-tingkat itulah yang menjadi daya tarik utama obyek wisata ini. Curug Sewu biasanya banyak dikunjungi wisatawan lokal dari dalam maupun luar Kabupaten Kendal pada saat liburan dan Hari Raya Idul Fitri (www.kompas.com).

Selain mengandalkan air terjun utama untuk menarik pengunjung, obyek wisata air terjun Curug Sewu yang sejak 26 Juni 2002 dikelola Kesatuan Pemangkuan Hutan Perhutani Kendal ini masih memiliki dua air terjun lain serta telaga. Untuk mencapai lokasi ini, pengunjung harus berjalan kaki menuruni tangga sejauh dua kilometer (Kompas, 17 Januari 2005). 

Agar para pengunjung leluasa melihat keindahan alam dan air terjun dengan lebih seksama, di Curug Sewu telah dibangun menara pandang yang dilengkapi dengan teropong. Adanya menara pandang dan fasilitas teropong tersebut diharapkan dapat memberikan variasi pilihan wisata dan menambah keistimewaan Curug Sewu. Pengunjung dapat melihat keindahan air terjun dari atas, bukan dipandang dari bawah seperti obyek wisata air terjun di tempat-tempat lain.

Dengan teropong seharga 25 juta rupiah itu, Anda dapat melihat keindahan air terjun, bentangan pemandangan alam yang hijau, serta bangunan rumah-rumah yang ada di bawahnya dengan sangat jelas. Bukan hanya itu, dengan meneropong dari menara pandang, Anda juga bisa melihat pemandangan Kota Kendal, bahkan sampai ke Kota Semarang yang bejarak lebih jauh (Kompas, 17 Januari 2005).


Menikmati Curug Sewu dari Menara Pandang
Sumber Foto: http://emtwins.multiply.com

Dinas Pariwisata Pemerintah Kabupaten Kendal bersama pihak pengelola obyek wisata Curug Sewu memang telah berkomitmen untuk terus melakukan inovasi dan renovasi dari tahun ke tahun agar Curug Sewu semakin digemari wisatawan. Upaya peningkatan fasilitas yang dilakukan di antaranya adalah dengan membangun taman konservasi satwa langka dan lapangan olahraga.

Usaha inovasi selanjutnya adalah dengan membangun kelengkapan obyek wisata, seperti jet coaster, kereta mini untuk berkeliling kompleks wisata, kolam renang dengan standar nasional, taman rekreasi, panggung hiburan, serta taman bermain anak. Total dana yang dikucurkan untuk mempercantik obyek wisata Curug Sewu ini adalah sebesar 3 miliar rupiah (Kompas, 26 April 2004).

C. Lokasi

Obyek wisata air terjun Curug Sewu terletak di Desa Curug Sewu, Kecamatan Patean, Kabupaten Kendal, Provinsi Jawa Tengah, Indonesia.

D. Akses


Memasuki Kota Kendal Sebelum ke Curug Sewu
Sumber Foto: http://airyz.wordpress.com

Air terjun Curug Sewu berlokasi di ujung selatan Kota Kendal, kira-kira berjarak 44 kilometer dari pusat pemerintahan Kabupaten Kendal ini. Kota Kendal sendiri sangat mudah dijangkau karena terletak di jalur utama Pantai Utara Jawa Tengah yang menghubungkan Kota Pekalongan dengan Kota Semarang. Dari kedua kota ini, Kota Kendal dapat dijangkau dalam waktu yang relatif tidak lama.

Setelah tiba di pusat Kota Kendal, jalur yang dapat Anda tempuh untuk sampai ke obyek wisata Curug Sewu adalah melalui rute Cepiring, Weleri, dan kemudian Sukorejo (www.my-indonesia.info). Lokasi air terjun Curug Sewu juga bisa ditempuh dari arah Temanggung atau Kebumen dengan melewati Parakan kemudian langsung ke Curug Sewu. Jika Anda memulai perjalanan dari Kota Semarang, Anda bisa melalui jalur alternatif dengan menempuh rute Mijen, Boja, dan kemudian langsung naik ke Curug Sewu (www.in-tips.com).

Perjalanan menuju Curug Sewu dapat ditempuh menggunakan kendaraan pribadi, baik dengan sepeda motor maupun mobil. Meski jalan menuju obyek wisata ini sudah berupa jalan beraspal yang halus, namun medan yang harus dilalui cukup sulit dan melelahkan, yakni berkelok-kelok dengan cukup banyak tanjakan selayaknya jalan yang membelah daerah pegunungan.

E. Harga Tiket

Harga tiket masuk yang dikenakan untuk masuk ke kompleks wisata air terjun Curuk Sewu adalah Rp 4000,00 (per Januari 2009). Biaya itu belum termasuk harga yang akan dipungut jika Anda ingin menikmati wahana-wahana wisata lain yang ada di kompleks wisata air terjun Curug Sewu.

F. Akomodasi dan Fasilitas Lain

Fasilitas penunjang yang disediakan di obyek wisata Curug Sewu sudah terbilang lengkap demi memberi kenyamanan kepada pengunjung. Pihak pengelola tempat wisata ini telah menyediakan berbagai fasilitas pendukung seperti tempat ibadah, taman parkir, toilet, bahkan lapangan tenis, gedung pertemuan, dan penginapan (www.kendalkab.go.id). Jadi, jika ingin berlama-lama menghabiskan waktu di obyek wisata ini, Anda tidak perlu cemas. Kendati menempati lokasi yang jauh dari keramaian kota, obyek wisata Curug Sewu telah mempersiapkan pelayanan yang terbaik untuk Anda.

9 Responses to “Air Terjun Curug Sewu”

  1. Laureen Brandner Says:

    The most difficult thing is to find a blog with unique and fresh content but you definitely add value. Bravo.

  2. some one Says:

    kota kendal yg indah se’seorang yg d’lahirkan disana ..yg mpe dtik ini slalu q sayang..q kngan m km bnda..

  3. anto Says:

    tiket masuk sekarang berapa ya….terus klo rombongan bus hitungannya sama tidak per orangnya

  4. grosiran pakaian anak Says:

    Tempat yang indah…

  5. initial AR Says:

    informasi ini sangat membantu. Terima kasih.

  6. anak jawa tinggal disumatera Says:

    sebuah wisata yg tak terlupakan indah,nyaman,tenang, pokoknya komplit …..ada kebun binatangnya lagi…

  7. Padi City Resort Says:

    Informasinya sangat menarik. Nice info. Thx :)

  8. Bromo Travelling Says:

    artikel dan foto-fotonya keren keren boss.. Terimakasih infonya

  9. Curug Sewu | putriitulestari Says:

    […] Sumber :http://wisatajawa.wordpress.com/wisata-jawa-tengah/air-terjun-curug-sewu/ […]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: