Pantai Kartini

Pantai Kartini

Kabupaten Jepara – Jawa Tengah – Indonesia
Pantai Kartini

Pantai Kartini
Rating : Rating 2.8 2.8 (12 pemilih)

A. Selayang Pandang

Pantai Kartini adalah obyek wisata alam yang cukup terkenal di Kabupaten Jepara, Propinsi Jawa Tengah. Pantai seluas kurang lebih 3,5 hektar ini memiliki pemandangan alam yang indah. Keberadaannya didukung pula oleh obyek wisata Pulau Panjang dan Pulau Karimunjawa yang terletak tidak jauh dari lokasi pantai. Menurut cerita yang berkembang di masyarakat, pada zaman dulu pantai ini sering digunakan sebagai tempat bermain dan bersantai R.A. Kartini dan keluarganya. Karena alasan itulah, pantai ini kemudian diberi nama Pantai Kartini.

B. Keistimewaan

Pantainya yang bersih, kualitas airnya yang jernih, ombaknya yang relatif kecil, udaranya yang segar, hamparan pasir putihnya yang luas, dan terumbu karangnya yang cantik, merupakan daya tarik tersendiri bagi obyek wisata Pantai Kartini. Dengan kondisi pantai yang seperti ini, pengunjung dapat melakukan berbagai aktivitas seperti berenang, sepak bola, dan jalan-jalan.

Area wisata pantai ini dilengkapi dengan bangunan dunia hayati (sea world) yang memiliki arsitektur unik dan menarik. Keunikan itu terlihat pada bentuk bangunannya yang menyerupai kura-kura raksasa. Di dalam bangunan ini pengunjung dapat melihat aneka jenis ikan laut (cumi-cumi, cakalang, layur, dan lain-lain), kerang laut, dan berbagai macam jenis terumbu karang.

Setelah puas menikmati keindahan Pantai Kartini dan dunia hayatinya, pengunjung dapat melanjutkan perjalanan wisata ke Pulau Panjang yang berjarak sekitar 2 mil dari bibir pantai. Pulau yang memiliki luas kurang lebih 5 hektar ini, mempunyai panorama alam yang indah, lingkungan yang bersih dan udaranya segar. Untuk menuju pulau ini, dibutuhkan waktu kurang lebih 15 menit dari Pantai Kartini dengan menggunakan perahu motor.   

Selain Pulau Panjang, pengunjung juga dapat melanjutkan perjalanan wisata menikmati keindahan obyek wisata pulau lainnya, yaitu Pulau Karimunjawa. Pulau ini mempunyai hamparan pasir putih yang landai dan terumbu karang yang indah. Terumbu karang ini termasuk salah satu yang terindah di Indonesia. Di perairan pulau ini pengunjung dapat melakukan bermacam aktivitas, seperti snorkeling, diving, fishing, dan lain-lain. Berbagai macam jenis ikan yang hidup di perairan tersebut antara lain ikan hias, ikan hiu, kerapu, lemuna, tripang, dan lumba-lumba. Keistimewaan lainnya, di pulau ini terdapat berbagai macam jenis binatang seperti menjangan, landak, trenggiling, ular, dan burung. Untuk menuju pulau ini dibutuhkan waktu kurang lebih 4 jam perjalanan dari Pantai Kartini dengan menggunakan perahu motor.  

Di Pantai Kartini terdapat sebuah ritual tahunan yang diselenggarakan oleh nelayan setempat. Ritual tersebut dikenal dengan nama lomban, yaitu melarungkan kepala kerbau dan sesaji lainnya ke tengah laut. Setelah dilarung, sesaji kemudian diperebutkan oleh para nelayan karena diyakini dapat membawa berkah bagi yang mendapatkannya. Perebutan sesaji ini disertai dengan saling lempar ketupat antar perahu. Tradisi yang dilaksanakan setiap tanggal 8 Syawal atau seminggu setelah hari raya Idulfitri ini merupakan ungkapan rasa syukur atas nikmat yang telah diberikan Tuhan, berupa hasil tangkapan ikan dan keselamatan sewaktu melaut.

C. Lokasi

Pantai Kartini berada sekitar 2 km dari pusat kota, sehingga cukup mudah untuk dijangkau. Tepatnya terletak di Desa Bulu, Kecamatan Jepara, Kabupaten Jepara, Propinsi Jawa Tengah, Indonesia.

D. Akses

Untuk menuju lokasi obyek wisata pantai ini, pengunjung dapat memulai perjalanan dari Terminal Jepara. Dari terminal ini, pengunjung dapat menggunakan sarana angkutan umum seperti bus dan angkutan kota dengan tarif sekitar Rp 4.000 (Agustus 2008). Selain itu, pengunjung juga dapat naik taksi atau mobil sewaan untuk menuju ke lokasi.

E. Harga Tiket

Untuk dapat masuk ke obyek wisata Pantai Kartini, setiap pengunjung dipungut biaya sebesar Rp 2.500 (Agustus, 2008). Bagi pengunjung yang ingin melihat keindahan Pulau Panjang dan Pulau Karimunjawa, dapat naik perahu motor dengan membayar ongkos antara Rp 50.000—Rp 70.000 per perahu. Setiap perahu motor dapat membawa penumpang maksimal 15 orang.

F. Akomodasi dan Fasilitas lainnya

Di lokasi wisata Pantai Kartini terdapat fasilitas seperti sea world, mushala, lapangan tenis, dan berbagai macam sarana permainan diantaranya kereta kelinci, bom-bom car, sepeda motor mainan bertenaga accu, komedi putar, mandi bola, dan perahu arus.

Tak jauh dari area wisata itu juga terdapat penginapan, warung makan, mini market, warung telekomunikasi, kios cendramata dan kerajinan (kayu ukir, monel, tenun troso dan lain-lain).

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: