Taman Kyai Langgeng

Taman Kyai Langgeng

Kota Magelang – Jawa Tengah – Indonesia
Taman Kyai Langgeng

direction icon
Taman Kyai Langgeng terlihat sejuk, alami dan rapi

A. Selayang Pandang

Taman Kyai Langgeng adalah obyek wisata alam yang terletak di Kota Magelang, Jawa Tengah. Taman ini memiliki keindahan alam yang menakjubkan, serta berbagai macam jenis flora dan fauna yang cukup lengkap.  

Dinamakan Taman Kyai Langgeng karena di dalamnya terdapat makam seorang pejuang bernama Kyai Langgeng. Kyai Langgeng adalah seorang pejuang pada masa perang Diponegoro yang berlangsung antara tahun 1825 – 1830 M. Untuk mengenang jasa-jasanya itulah, kemudian nama Kyai Langgeng digunakan sebagai nama obyek wisata ini.  

Taman Kyai Langgeng memadukan antara unsur pariwisata dengan pendidikan. Perpaduan itu tampak pada perpustakaan yang berada di dalam area wisata yang bersih dan indah. Dengan dibangunnya perpustakaan ini, maka pada tanggal 17 Mei 2003, Menteri Pendidikan Nasional, Prof. Dr. Bambang Soedibyo, memberi nama wisata ini “Desa Buku Taman Kyai Langgeng” yang pertama di Indonesia.

B. Keistimewaan

Obyek wisata seluas 28 hektar ini memiliki pemandangan alam yang indah dan lingkungan yang bersih. Selain itu, udaranya juga sejuk sebab terletak di lereng Gunung Merapi. Di area wisata Taman Kyai Langgeng banyak terdapat gubug dan tempat-tempat duduk yang berada di bawah pepohonan yang rindang. Dari tempat itu, pengunjung dapat melihat area persawahan yang menghijau, lembah sungai, dan perbukitan yang nampak rapi. Pengunjung juga dapat melihat keanggunan beberapa gunung, seperti Gunung Sumbing dan Sindoro di sebelah barat, Gunung Andong di sebelah timur laut, Gunung Merapi dan Merbabu yang berada di sebelah timur. Kicauan burung yang saling bersahutan menambah indahnya suasana taman ini.

Selain pemandangan alamnya yang indah, area wisata ini juga merupakan sarana penelitian yang memadai. Bagi pengunjung yang ingin melakukan penelitian kepustakaan (library research), terdapat perpustakaan yang dilengkapi dengan berbagai macam koleksi buku, majalah, surat kabar, ensiklopedi, kamus, dan lain-lain. Dan jika pengunjung ingin melakukan penelitian alam, di area ini juga terdapat berbagai macam jenis flora dan fauna yang tergolong lengkap. Berbagai macam jenis flora yang ada diantaranya cempaka ganda (mycelia campaca), dewa daru, apel bludru, naga sari, matoa, ruser, lobi-lobi, keben, kemiri, kenari, pohon maja, pohon kelengkeng putih, dewa daru, kunto bimo, asem landa, ringin kurung, palem raja, pinisium, kayu cendana, dan lain-lain. Adapun koleksi jenis faunanya antara lain ayam hutan, ular piton, rusa, menjangan, arwana, aligator, kijang, kera, burung elang, dan lain-lain.  

Di area wisata Taman Kyai Langgeng juga dilengkapi dengan sarana olah raga arung jeram. Aliran Sungai Progo Asri yang jernih dan tampak indah akan memuaskan bagi pengunjung yang gemar berolah raga arung jeram. Arung jeram di sungai ini akan menempuh jarak sekitar 9 km dalam waktu kurang lebih 3 jam perjalanan.

Pada hari libur pengunjung dapat menikmati berbagai hiburan seperti orkes dangdut, orkes melayu, reog, kuda lumping, dan orkes musik khas daerah. Pengunjung juga dapat mengikuti olah raga jalan santai dan senam massal yang diselenggarakan oleh masyarakat setempat tiap hari minggu pukul 06.00-08.00 WIB.

C. Lokasi

Taman Kyai Langgeng berada kurang lebih 1 km ke arah selatan dari pusat Kota Magelang, tepatnya di jalan Cempaka No. 6, Kota Magelang, Propinsi Jawa Tengah, Indonesia.

D. Akses

Untuk menuju lokasi wisata Taman Kyai Langgeng, perjalanan dapat dimulai dari Terminal Magelang. Dari terminal ini, pengunjung dapat naik bus jurusan Magelang—Wonosobo, atau naik bus jurusan Magelang—Tidar jalur 1 atau 5, kemudian turun di lokasi.

E. Harga Tiket

Untuk memasuki kawasan wisata Taman Kyai Langgeng, setiap pengunjung dipungut biaya kurang lebih Rp 5.000 (Agustus, 2008). Namun, untuk dapat menikmati sarana hiburan tertentu seperti kereta mini, komedi putar, kereta air, dan lain-lain, pengunjung harus mengeluarkan ongkos tambahan antara Rp 2.000—Rp 10.000 per orang. Bagi pengunjung yang ingin berarung jeram, terdapat tarif Rp 96.000 per orang, termasuk pemandunya. Untuk mengikuti olah raga jalan santai dan senam bersama, tiap pengunjung akan dikenai biaya masuk sebesar Rp 1.000 per orang dan hanya berlaku dari jam 06.00-08.00 WIB.

F. Akomodasi dan Fasilitas lainnya

Di kawasan wisata Taman Kyai Langgeng terdapat fasilitas seperti perpustakaan, gubuk baca, tempat bersantai, tempat olah raga, camping ground, hutan wisata, pondok wisata, kolam renang, gelanggang pemancingan, taman lalu lintas, rumah aquarium, rumah apung, tempat santai “joglo pandan arum”, area bermain go cart, dan aneka jenis permainan (kuda-kudaan, kereta air, kereta mini, becak air, delman tak berkuda, jet coaster), dan lain-lain.

Bagi wisatawan yang ingin berarung jeram akan mendapatkan fasilitas tambahan seperti makan, snack, asuransi dan transportasi kembali ke pos pemberangkatan. Di area wisata ini terdapat juga persewaan peralatan renang dan arung jeram serta kios kerajinan, buah-buahan, dan cendramata.

Tidak jauh dari area wisata Taman Kyai Langgeng terdapat hotel, restoran, warung telekomunikasi, mini market, dan lain-lain.

One Response to “Taman Kyai Langgeng”

  1. teguh wardana Says:

    harga tiket per mei 2010, kalo rombongan siswa, berapa….maturnuwun

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: