Pantai Lombang, Sumenep Madura

Pantai Lombang, Sumenep Madura

Kabupaten Sumenep – Jawa Timur – Indonesia
Pantai Lombang, Sumenep Madura

Pemandangan kapal-kapal nelayan di Pantai Lombang

A. Selayang Padang

Apabila Anda berkunjung ke Pulau Madura, sempatkanlah mampir ke Kabupaten Sumenep di ujung timur Pulau Madura. Di kabupaten yang pernah menjadi pusat pemerintahan Keraton Sumenep ini, Anda dapat menemukan sebuah pantai dengan gugusan pohon cemara udang yang menghiasi hampir seluruh tepiannya. Namanya Pantai Lombang (dalam pelafalan orang Madura disebut `lombheng`), terletak sekitar 30 kilometer di timur Pusat Kota Sumenep.

Pantai yang boleh jadi paling banyak dikunjungi wisatawan di seluruh Pulau Madura ini mulai menjadi obyek wisata favorit sejak sekitar tahun 2000 lalu, ditandai dengan kunjungan pertama para turis mancanegara ke pantai ini. Beberapa agen perjalanan yang membawa turis dari Jakarta menuju Bali biasanya juga menawarkan kunjungan beberapa hari ke pantai ini. Selain turis mancanegara, tentu saja Pantai Lombang juga menjadi lokasi yang sangat diminati oleh turis domestik, baik masyarakat Madura sendiri maupun wisatawan lokal yang datang dari Surabaya dan sekitarnya. Menurut pantauan situs http://surabaya.detik.com pada Desember 2008 lalu, setiap harinya tak kurang dari 1.200 pengunjung yang menikmati keindahan pantai ini. Pada hari libur, utamanya ketika Lebaran atau libur Natal, maka pengunjung bisa membludak hingga 75 ribu orang.


Pantai Lombang dengan deretan pohon cemara udang
Sumber Foto:
http://imamisnaini.multiply.com

B. Keistimewaan

Pantai Lombang memiliki kesan istimewa karena memiliki hamparan pasir putih sepanjang 12 kilometer. Berbeda dengan pantai lainnya yang umumnya dihiasi oleh pepohonan kelapa, di pantai ini wisatawan dapat melihat deretan pohon-pohon cemara udang. Tinggi pepohonan tersebut sekitar 4 meter di atas tanah, namun tidak dalam kondisi tegak, melainkan agak membungkuk sehingga nampak seperti udang. Di tengah kondisi cuaca di Pulau Madura yang terkenal panas, berlindung di bawah rerimbunan daun pohon cemara ini dapat sedikit menghela cuaca panas tersebut.

 
Pohon cemara udang
Sumber: http://pupisstory.blogspot.com

Akan tetapi, jika memang ingin berjemur, hamparan pasir putih di Pantai Lombang sangat cocok untuk aktivitas tersebut. Di pasir putih ini, wisatawan juga dapat melihat bola-bola pasir kecil yang terbentuk dari galian kepiting-kepiting mini. Kepiting-kepiting tersebut cukup banyak di pantai ini, namun tidak membahayakan karena mereka biasanya akan lari atau berlindung di dalam pasir jika ada orang menghampirinya. Apabila berkunjung bersama keluarga, tak ada salahnya untuk mengajak anak-anak bermain pasir membentuk pola atau bidang tetentu. Kondisi pantai yang masih bersih dengan ombak yang relatif kecil membuat pantai ini juga cocok untuk lokasi berenang, snorkeling, atau olahraga air lainnya. Wisatawan yang belum mahir berenang, atau masih di bawah umur, dapat menyewa peralatan renang seperti ban pelampung di sekitar pantai ini.


Bermain pasir putih di Pantai Lombang
Sumber Foto: http://www.kamera-digital.com

Selain menikmati `fasilitas biasa`, wisatawan yang tak keberatan membayar uang lebih mahal dapat menikmati fasilitas yang lebih memadai seperti pelayanan yang diberikan kepada wisatawan asing. Fasilitas tersebut tak hanya berupa kunjungan untuk menikmati pesona alam Pantai Lombang, melainkan juga berbagai seni pertunjukan masyarakat setempat, menikmati pesta bakar ikan di malam hari, serta memperoleh fasilitas penginapan yang unik. Penginapan ini merupakan pondok-pondok di pinggir pantai dengan bahan dasar kayu, memakai dinding rotan, beratapkan ranting dan daun pohon cemara, serta berlantaikan pasir pantai. Selain nampak natural, pondok inap tersebut juga dilengkapi dengan ukiran dan perabot khas Madura sehingga nampak lebih eksotis.

C. Lokasi

Secara administratif, Pantai Lombang terletak di Desa Lombang, Kecamatan Batang-Batang, Kabupaten Sumenep, Madura, Provinsi Jawa Timur, Indonesia.

D. Akses

Pantai Lombang terletak sekitar ± 30 km dari Kota Sumenep ke arah timur laut. Untuk mencapai lokasi, wisatawan dapat memanfaatkan angkutan umum, persewaan mobil, atau menyewa ojek dengan waktu tempuh sekitar satu jam perjalanan. Bila Anda berdomisili di luar Pulau Madura, Anda dapat menyeberang melalui Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya menuju Pelabuhan Kamal, Bangkalan Madura dengan kapal ferry. Dari Bangkalan, Anda dapat menggunakan angkutan umum menuju Kota Sumenep.

E. Harga Tiket

Biaya karcis untuk memasuki pantai ini adalah Rp 5.000 per orang.

F. Akomodasi dan Fasilitas Lainnya

Wisatawan yang ingin bermalam di pantai ini dapat mendirikan tenda di tepi pantai, sebab belum tersedia hotel di sekitar pantai ini. Fasilitas penginapan yang ada, yaitu pondok-pondok alami dari kayu, biasanya hanya diperuntukkan bagi peserta paket wisata dari agen perjalanan tertentu. Apabila terpaksa harus menginap, wisatawan dapat memperoleh jasa hotel di Kota Sumenep.

Di pantai ini telah tersedia kamar bilas bagi para pengunjung untuk membersihkan badan sehabis bermain pasir atau berenang. Jika ingin duduk-duduk santai, wisatawan dapat memanfaakan beberapa tempat duduk atau warung-warung kecil di pinggir pantai yang menjual `es degan` (kelapa muda) serta `rujak lontong` (rujak Madura). Di tengah teriknya matahari, rujak lontong yang lezat, serta segarnya es degan sangat cocok untuk dinikmati

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: