Goa Jomblang -Gunugkidul – Yagyakarta

Obyek wisatagoa Jomblang / jomlang mungkin tidak populer , tapi pesonanya sungguh luar biasa, salah satu gua dengan tekstur terindah di Indonesia ini sudah sedemikian dikenal  dikalangan pecinta alam, Goa Jomblang / Jomlang dan Grubug yang terletak di Kecamatan Semanu Kabupaten Gunugkidul DIY, sekitar 17 Km dari Wonosari.

Kedua goa ini merupakan goa yang bertipe perpaduan antara goa vertikal dan horizontal. Letak goa yang berada di tengah areal persawahan dengan jalan yang cukup menantang dengan batu- batuan di sepanjang jalan sekitar 2 km dari goa tersebut membuat tempat ini belum begitu banyak terjamah orang kecuali paraPencinta Alam yang melakukan penelusuran goa.

 

Goa Jomblang / Jomlang dan Grubug merupakan goa yang biasa di sebut luweng karena bentuknya yang seperti tungku. Jarak antara kedua mulut goa ini hanya sekitar 300 meter saja dengan kondisi terhubung pada bagian dalamnya (goa horisontal). Pada bagian bawah goa.mengalir sungai bawah tanah yang merupakan terusan dari sungai yang di jadikan objek wisata Karst Kalisuci. Goa Jomblang / jomlang memiliki karakteristik luas pada bagian mulut goanya yaitu dengan diameter sekitar 50 meter dengan sisi vertikal bervariasi antara 60- 80 meter.

 

Pemandangan dari atas goa terlihat cukup menarik karena di sana terlihat seperti hutan bawah tanah karena memang bagian bawah Goa Jomblang ini cukup luas dan mendapat sinar matahari yang cukup sehingga banyak di tumbuhi pepohonan layaknya hutan yang lebat. Dari atas terlihat bebatuan karst yang menarik. Berbeda dengan Goa Jomblang yang memiliki mulut goa lebar, Goa Grubug memiliki mulut goa berbentuk lingkaran yang hanya berdiameter sekitar lima meter dengan berbagai tumbuhan yang mengelilinginya. Konon bagian goa vertikal ini memiliki kedalaman 80 meter. Suasana Goa Grubug ini menjadi agak serem karena suara gemuruh air yang mengalir di bagian bawah goa ini. 

2 Responses to “Goa Jomblang -Gunugkidul – Yagyakarta”

  1. Harry Says:

    Artikelnya bagus, serem juga nelusuri gua vertikal gitu kalo putus trol nya oh tidak, Seperti cahaya surga, cantik nan indah. tapi medan goa jomblang ini berat juga, cocok untuk pencinta ekstrim

  2. Arijaga Says:

    Aku kagum ama wisata wonosari

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: