Wisata Kota Yogyakarta

Yogyakarta terdapat banyak sekali jenis wisata antara lain, wisata candi, wisata pantai, wisata kota yangsangat unik dan masih banyak lagi wisata wisata yang lainya.

Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta letaknya di Pulau Jawa, ibukota propinsinya adalah Yogyakarta, daerah Yogyakarta terletak dikaki Gunung Merapi.

Disebut Daerah Istimewa Yogyakarta karena selama revolusi kemerdekaan Yogyakarta pernah menjadi Ibukota Republik Indonesia.

Sebagai kota pariwisata dan sebagai pusat dari budaya jawa, Yogyakarta juga terkenal sebagai kota pelajar atau kota pendidikan, banyak pelajar dari seluruh Indonesia datang ke Yogyakarta untuk melanjutkan studinya.

Yogyakarta merupakan tempat tujuan wisata utama di Pulau Jawa, banyak wisatawan mancanegara dan wisatawan lokal datang ke Yogyakarta untuk tujuan wisata, olahraga dan bersantai. Yogyakarta menyediakan fasilitas yang lengkap bagi wisatawan, seperti hotel, hotel berbintang, motel, penginapan, losmen, villa, restaurant, restaurant cepat saji, mall, supermarket, mini market, pusat perdagangan grosir, bar, kafe, spa, angkutan dan sebagainya.

Jika berkunjung Ke Yogyakarta, berkunjunglah ke Jalan Malioboro, rasanya belum terasa lengkap kalau belum mengunjungi Jalan Malioboro.

Jalan Malioboro adalah sebuah jalan utama yang terletak di utara Keraton Yogyakarta, letaknya berdekatan sekali dengan Keraton Yogyakarta. Malioboro adalah kawasan utama Kota Yogyakarta dan merupakan pusat perekonomian, banyak turis mancanegara yang datang mengunjungi Malioboro. 

obyek Wisata di sekitar Yogyakarta yang dapat di kunjungi, antara lain : 

Wisata Kota :

Keraton Yogyakarta Hadiningrat, Puro Pakualaman, Taman Sari, Istana Kepresidenan Gedung Agung, Makam Kota Gede. Pasar Beringharjo, Pasar Burung Ngasem, Pasar Klithikan, Jalan Malioboro.

Wisata Candi :

Candi Prambanan, Candi Borobudur, Candi Kalasan, Candi Sewu, Candi Mendut, Candi Sambi Sari, Candi Prabu Ratu Boko, Candi Sari, Candi Pawon, Candi Ijo, Candi Gebang, Candi Banyu Nibo, Candi Kedulan.

Wisata Gunung :

Gunung Merapi, Trekking lintas lereng Merapi,Wisata Kaliurang. 

Wisata Pantai :

Pantai Glagah, Pantai Parangtritis, Pantai Kukup, Pantai Wedi Ombo, Pantai Baron, Pantai Krakal, Pantai Drini, Pantai Ngrenehan, Pantai Ngobaran, Pantai Sadeng, Pantai Siung, Pantai Sepanjang.

Wisata Museum :

Museum Sonobudoyo, Museum Batik dan Sulaman, Museum Beteng Vredeburg, Museum Perjuangan, Museum Biologi, Museum Kota Gede.

Wisata Budaya :

Sendratari Ramayana, Kethoprak, Jatilan, Wayang Orang, Wayang Golek, Wayang Kulit.Taman Pintar Yogyakarta, Purawisata, Kebun Binatang Gembira Loka, Tugu Jogja, Gedung SMA 11 Jogyakarta.Desa Wisata Kasongan, Desa Wisata Manding.Kerajinan Perak, Kerajinan Batik, Kerajinan Kulit, Kerajinan Bunga Kering, Kerajinan Gerabah.

Perayaan :

Sekaten, Grebeg Maulud, Grebeg Syawal (Idul Fitri), Grebeg Besar (Idul Adha), Numplak Wajik, Labuhan (Kagungan Dalem), Siraman Kraton, Nguras Kong (Enceh), Rabu Pungkasan Wonokromo Pleret, Saparan Wonolelo, Saparan Gamping (Bekakak), Surat Demang, Labuhan Merapi, Tunggul Wulung, Pehcun, Nyepi, Waisak, Cing Cinggeling (Karangmojo), Pembukaan Cupu Panjolo, Saparan Kalibuka, Baritan, Rejeban Jatimulyo (Gendanghe), Nampi Pareden (Puro Pakualaman).

Sangat mudah menuju kota yogyakarta, banyak sekali pilihan transportasi dan akomodasi, mulai dari perjalanan darat sampai udara, mulai losmen hingga hotel bintang lima sudah ada di yogyakarta. Mungkin yang harus di perhatikan adalah soala akomodasi, karena kota yogyakarta adalah kota wisata, maka bila walkers mau  ber wisata ke yogyakarta sebisa mungkin reserve hotel dulu jauh jauh hari, kalau inggin dapat tempat yang paling enak. cuma sekedar info aja, tempat paling enak buat nginep adalah di kawasan malioboro dan prawirotaman, coba saja pasti walkers akan merasakan hal yang berbeda dalam ber wisata.
Lihat Juga Wisata Yogyakarta dan wisata-cave-tubing-kali-suci

Tags: ,

2 Responses to “Wisata Kota Yogyakarta”

  1. Wisata Indonesia Says:

    Tempat wisata di Jogja sangat banyak untuk di Jelajahi..

  2. rumahmadujogja Says:

    Apapun tempatnya dapat di jadikan wisata sesuai tujuan dan maksud yang diperuntukkan dan tidak melanggar perda,perpu…dll

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: