Pantai Carita

Pantai Carita

Kabupaten Pandeglang – Banten – Indonesia
Pantai Carita

Pantai Carita

A. Selayang Pandang

Sejak dahulu, daerah Banten dikenal sebagai salah satu tujuan wisata terkemuka di Indonesia. Bagi pencinta wisata pantai dan bahari, kawasan sepanjang pantai barat Banten merupakan tujuan wisata favorit. Salah satunya adalah Pantai Carita. Pantai yang terletak di pesisir Selat Sunda ini merupakan destinasi wisata terkenal di Provinsi Banten, di samping Pantai Anyer, Pantai Karang Bolong, dan Pantai Tanjung Lesung.

Letaknya strategis, karena berada di tepi jalan raya Carita-Labuan yang merupakan salah satu jalur utama yang menghubungkan tempat-tempat wisata di kawasan pantai barat Banten, sehingga memudahkan wisatawan untuk mengaksesnya. Jaraknya yang tidak terlalu jauh dari Jakarta membuat pantai ini begitu populer, sehingga banyak dikunjungi wisatawan domestik maupun mancanegara, terutama pada akhir pekan dan hari-hari libur lainnya.

B. Keistimewaan

Bertamasya ke Pantai Carita terbilang istimewa. Sebab, kawasan pantai yang terletak di Tanjung Carita ini memadukan hamparan pasir putih yang landai dengan hijau tetumbuhan khas pantai. Tidak terlalu jauh dari pantai terdapat Sungai Cikembang dan Sungai Cimeti yang berair jernih dan tampak serasi dengan hijau perbukitan yang menjadi latarnya.  

Pasir putihnya yang landai sangat mendukung aktivitas wisatawan, seperti berjemur dan berolahraga (sepak bola dan voli pantai). Membuat patung dari pasir dan menguburkan diri dalam pasir merupakan kegiatan lain yang sering dilakukan oleh wisatawan di pantai sepanjang 3 kilometer ini, terutama bagi anak-anak. Sementara itu, ombak lautnya yang relatif kecil mengakomodir keinginan wisatawan yang ingin bermain ombak dan berenang di pantai. Sedangkan bagi wisatawan yang ingin menikmati kawasan Pantai Carita dengan cara yang berbeda dapat menyewa berbagai alat permainan yang tersedia, seperti perahu, jet ski, speed boat, dan banana boat. Kawasan pantai ini juga kaya dengan aneka jenis ikan, sehingga tepat sekali dipilih oleh wisatawan yang ingin menyalurkan hobi memancing.    

Pada siang hari, turis dapat mengunjungi kawasan taman laut yang bisa ditempuh sekitar dua jam dengan menggunakan perahu motor dari Pantai Carita. Pada awalnya, kawasan ini adalah pulau yang tenggelam. Namun dalam perkembangannya, kawasan tersebut lebih dikenal sebagai taman laut. Bila mengunjungi tempat ini, sebaiknya turis turun dari perahu motor dan “menceburkan diri” ke laut yang kedalamannya hanya sebatas perut. Di sini, turis akan berdecak kagum melihat aneka jenis ikan hias warna-warni dan tumbuhan laut yang rancak. Turis dapat melihat pesona bawah laut dengan mata telanjang tatkala sinar matahari tembus sampai ke dasar laut. Berada di tengah-tengah ikan yang berenang secara bergerombolan dapat menimbulkan sensasi yang akan senantiasa tinggal di lekuk ingatan turis.

Ketika matahari merangkak senja, menyaksikan matahari tenggelam (sunset) dengan Kepulauan Krakatau sebagai lanskapnya merupakan daya tarik lain kawasan Pantai Carita. Gunung Krakatau dan Gunung Anak Krakatau yang berdiri kokoh di kejauhan melengkapi pesona pantai ini. Pelancong dapat mencerap momen tersebut sembari bersantai di pondok wisata dan shelter yang tersedia, atau sambil mendengarkan deburan ombak dan meresapi hembusan angin dari atas perahu yang disewa.

Setelah puas menikmati keindahan Pantai Carita, pelancong dapat mengunjungi Taman Wisata Alam Carita yang memiliki berbagai koleksi flora dan fauna yang langka atau bertamasya ke Air Terjun Curug Gendang yang berada sekitar 170 meter di atas permukaan laut (dpl). Selain itu, pelancong juga dapat mengunjungi sumber air panas Batukuwung dan tempat pelelangan ikan (TPI). Tempat-tempat tersebut tidak terlalu jauh letaknya dari Pantai Carita.     

C. Lokasi

Secara administratif, Pantai Carita masuk dalam wilayah Kecamatan Labuan, Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten, Indonesia.

D. Akses

Dari Jakarta, terdapat tiga alternatif rute perjalanan menuju Pantai Carita. Pertama, rute Jakarta-Serang-Pandeglang-Labuan-Carita dengan jarak tempuh sekitar 160 kilometer. Kedua, rute Jakarta-Serang-Cilegon-Anyer-Carita dengan jarak tempuh sekitar 170 kilometer. Ketiga, rute Jakarta-Serang-Palima-Batukuwung-Carita dengan jarak tempuh sekitar 160 kilometer.

Sedangkan pengunjung yang datang dari arah Bogor, dapat mengambil rute Bogor-Rangkasbitung-Pandeglang-Labuan-Carita dengan jarak tempuh sekitar 150 kilometer. Perjalanan melalui rute-rute tersebut dapat diakses dengan menggunakan bus atau taksi, baik dari Jakarta maupun dari Bogor.

E. Harga Tiket

Masih dalam konfirmasi.

F. Akomodasi dan Fasilitas Lainnya

Di kawasan Pantai Carita terdapat warung, toko, dan swalayan yang menyediakan berbagai kebutuhan wisatawan, seperti makanan, minuman, isi ulang pulsa, perlengkapan memancing, dan peralatan menyelam.

Bagi wisatawan yang ingin menginap, dapat menyewa home stay, wisma, hotel, cottage, kondominium, dan vila dengan berbagai tipe. Di kawasan tersebut juga tersedia camping ground yang luas dan aman, sehingga dapat digunakan oleh wisatawan yang ingin berkemah.

Berbagai fasilitas lainnya juga tersedia di sini, seperti pusat informasi pariwisata, penjaga pantai, taman parkir, arena bermain anak-anak, tempat berjemur, kolam renang, jaringan fiber optik internet, kios wartel, shelter, serta sentra oleh-oleh dan suvenir

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: