Sungai Ciberang

Sungai Ciberang

Kabupaten Lebak – Banten – Indonesia
Sungai Ciberang

Sungai Ciberang di Kabupaten Lebak, Propinsi Banten

A. Selayang Pandang

Sungai Ciberang adalah salah satu tujuan wisata alam yang berada di Kabupaten Lebak, Propinsi Banten. Sungai yang memiliki lebar 40-50 m dan kedalaman 1-20 m ini, bersumber dari Pegunungan Halimun Propinsi Banten, dan merupakan sumber kehidupan bagi masyarakat di sekitarnya. Selain sebagai sumber kehidupan, sungai ini juga menjadi tempat wisata dan olah raga arum jeram. Sejak tanggal 1 Desember 2007, Gubernur Banten, Hj. Ratu Atut Chosiyah,SE, meresmikan sungai ini sebagai tempat wisata dan aktifitas olah raga arum jeram.

B. Keistimewaan

Sungai Ciberang memiliki nuansa pemandangan alam yang indah. Di tepi sungai ini, terdapat pepohonan yang beraneka ragam, tebing-tebing yang unik, dan berbagai macam bentuk bebatuan. Selain itu, di sekitar sungai juga terdapat area persawahan dan perkebunan yang menghijau. Semua pemandangan itu merupakan daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang mengunjunginya. Di samping keindahan pemandangan alamnya, aliran air Sungai Ciberang yang kencang juga cocok untuk tempat olah raga arum jeram.

Di sungai ini, wisatawan dapat berolah raga arum jeram dengan jarak tempuh sekitar 10 km dalam waktu kurang lebih 2,5 sampai 3 jam perjalanan. Bagi wisatawan yang mempunyai pengalaman olah raga arum jeram, perjalanan dapat dilanjutkan sampai 14-15 km. Selama perjalanan arum jeram, wisatawan juga dapat melihat keindahan pemandangan alam di sepanjang sungai.

Lokasi arum jeram dimulai dari Kampung Muara, Desa Banjar Sari, Kecamatan Lebakgendong, dan berakhir di Kampung Leui Bujal, Kecamatan Cipanas. Keistimewaan arum jeram di Sungai Ciberang adalah bentuk medannya yang bervariasi: tebing-tebing yang menjorok ke sungai, dam-dam yang curam, dan bebatuan yang menghadang. Banyaknya rintangan yang terdapat di sepanjang Sungai Ciberang ini seakan mengundang para wisatawan untuk mencoba olah raga arum jeram.

C. Lokasi

Sungai Ciberang terletak di Desa Cipanas, Kecamatan Cipanas, Kabupaten Lebak, Propinsi Banten, Indonesia.

D. Akses

Untuk menuju lokasi wisata sungai ini, pengunjung dapat menggunakan kendaraan pribadi atau kendaraan umum. Bagi pengunjung yang menggunakan kendaraan umum, perjalanan dapat dimulai dari Terminal Bogor. Dari Terminal Bogor, pengunjung naik angkot jurusan Bogor-Jasinga dengan tarif sekitar Rp 12.000. Pengunjung juga dapat naik jurusan Bogor-Rangkas Bitung dengan tarif Rp 10.000 (Juni 2008). Kemudian bagi pengunjung yang menggunakan kendaraan pribadi dari arah Jakarta, dapat menempuh perjanan lewat Balaraja dengan jarak tempuh sekitar 100 km sampai di lokasi. Dan pengunjung yang menggunakan kendaraan pribadi dari arah Serang, dapat lewat Rangkas Bitung dengan jarak perjalanan sekitar 80 km.

E. Harga Tiket

Untuk memasuki obyek wisata Sungai Ciberang, pengunjung tidak dipungut biaya. Namun, bagi pengunjung yang ingin menyusurui keindahan sungai dengan berarum jeram, pengunjung dapat membayar Rp 185.000 per orang (Juni 2008).

F. Akomodasi dan fasilitas lainnya.

Di area wisata ini terdapat penginapan, warung makan, musholla, parkir luas, area bermain, tracking trail, dan persewaan peralatan arum jeram. Bagi wisatawan yang berarum jeram, akan mendapatkan fasilitas makan, softdrink, snack, asuransi, water games, dan tempat mandi.

One Response to “Sungai Ciberang”

  1. Novit Says:

    Berapa harga tiket terbaru untuk 10 orang ada paketnya ga?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: