Danau Kawah Putih Gunung Patuha

Danau Kawah Putih Gunung Patuha

Kabupaten Bandung – Jawa Barat – Indonesia
Danau Kawah Putih Gunung Patuha

Danau Kawah Putih Gunung Patuha

A. Selayang  Pandang

Danau Kawah Putih  berada di puncak Gunung Patuha yang oleh masyarakat setempat dinamakan juga  Gunung Sepuh. Selain Kawah Putih, gunung yang memiliki ketinggian 2.434 meter  di atas permukaan laut dan bersuhu antara 8-12 derajat celcius ini juga  memiliki Kawah Saat di bagian baratnya. Kedua kawah ini terbentuk akibat  letusan Gunung Patuha pada abad ke-10 dan ke-12. Kawah Putih berada di  ketinggian 2.194 di atas permukaan laut.

Keindahan Danau  Kawah Putih ditemukan pada tahun 1837 oleh ahli botani Belanda peranakan Jerman  bernama Dr. Franz Wilhelm Junghuhn. Sebelumnya, masyarakat sekitar menganggap  puncak gunung tersebut angker dan penuh misteri, sehingga tak seorang pun yang  berani mendatanginya.

Jauh setelah  penemuan itu, yaitu pada tahun 1983, pihak Perhutani Unit III Jawa Barat dan  Banten baru menjadikan kawasan Danau Kawah Putih sebagai objek wisata yang  dibuka untuk umum.   

B. Keistimewaan

Di kawasan  tersebut, pengunjung dapat menikmati berbagai keunikan Danau Kawah Putih.  Disamping keindahan alam sekitarnya yang masih asri, pengunjung juga dapat  melihat langsung uap panas keluar dari bebatuan yang diinjak, gelegak air di  tengah kawahnya, dan mencium aroma belerang yang tidak terlalu menyengat.

Pengunjung dapat  menikmati keindahan Danau Kawah Putih sambil berjalan santai mengelilingi danau  atau sambil duduk di shelter-shelter yang ada di kawasan tersebut.  Pengunjung akan menjumpai aneka jenis flora langka, seperti bunga Eldelweis,  tanaman Cantiqi yang harum, tanaman Lemo yang berkhasiat dapat mengusir  binatang berbisa, dan Vaccinium sebagai vegetasi tanaman khas kawah. Selain  berbagai jenis flora, di kawasan ini juga terdapat berbagai jenis fauna,  seperti elang, monyet, kancil, babi hutan, macan kumbang, dan macan tutul.

Pengunjung juga  dapat melihat air kawahnya yang berubah-rubah warna. Terkadang berwarna hijau  apel dan kebiru-biruan. Bila matahari terik dan cuaca terang, warnanya berubah  menjadi coklat. Kendati demikian, warna putih adalah warna dominan air  kawahnya. Dominasi warna putih juga terlihat pada warna pasir dan bebatuan yang  terdapat di sekitar danau tersebut.    

C. Lokasi

Danau Kawah Putih  Gunung Patuha terletak di Kecamatan Ciwidey, Kabupaten Bandung, Provinsi Jawa Barat, Indonesia.  Berjarak sekitar 46 kilometer ke arah selatan dari pusat kota  Bandung.

D. Akses

Dari kota Bandung, pengunjung  yang membawa kendaraan pribadi dapat langsung menuju lokasi Kawah Putih  melewati kota  Ciwidey, gerbang utama menuju kawasan wisata Bandung Selatan. Dari sini, pengunjung  harus berjalan kaki menuju kawah sekitar 5 kilometer lagi.

Bagi pengunjung  yang naik angkutan umum, ada dua alternatif angkutan dari Terminal Bus  Leuwipanjang Bandung, yaitu naik angkutan kota  (angkot) atau naik bus Sukaraja jurusan Bandung-Ciwidey menuju pintu masuk  Kawah Putih.  

E. Harga Tiket

Masih dalam proses  konfirmasi

F. Akomodasi dan  Fasilitas

Di kawasan Danau  Kawah Putih terdapat berbagai fasilitas penunjang, seperti toilet umum, areal  parkir, sentra cinderamata dan musholla yang dikelola dengan sangat baik.

Di kawasan ini  terdapat gubug-gubug bambu sebagai lokasi pusat jajanan dan warung serba ada.  Lokasi itu juga digunakan oleh para petani sekitarnya untuk menjual hasil  kebunnya, seperti strawberry, jagung bakar dan rebus, dan buah pepito.

Pengunjung yang  akan bermalam tidak perlu cemas, karena dapat menyewa tenda atau menginap di  villa-villa, hotel-hotel dan wisma-wisma dengan berbagai tipe yang banyak  dijumpai di sepanjang jalur wisata Ciwidey.

One Response to “Danau Kawah Putih Gunung Patuha”

  1. eduard Says:

    om mau nanya kalo dari jakarta ke kawah putih itu perjalanan nya naik apa aja ya mohon balesan nya tengs .

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: