Candi Singasari

Candi Singasari

Kabupaten Malang – Jawa Timur – Indonesia
Candi Singasari

Candi Singasari

A. Selayang Pandang

Salah satu monumen sejarah Kerajaan Singasari adalah Candi Singasari. Candi ini dibangun pada tahun 1304 M untuk menghormati Raja Kertanegara, raja terakhir Kerajaan Singasari yang meninggal pada tahun 1292 M. Candi Singasari terletak di Kabupaten Malang, Jawa Timur, di sebuah lembah dengan ketinggian  512 meter  dari permukaan laut (dpl).

Komplek percandian menempati areal seluas 200 m ×  400 m dan terdiri dari beberapa candi. Bangunan candi utama dibuat dari batuandesit(sedangkan candi yang lain berbahan batu bata), menghadap ke barat, berdiri  pada alas bujur sangkar berukuran 14 m ×14 m dengan tinggi candi sekitar 15 m. Candi ini ditemukan pada masa pemerintahan kolonial Hindia-Belanda,  akan tetapi baru direstorasi hingga mencapai bentuknya yang sekarang pada tahun1934 sampai 1936.

B. Keistimewaan

Umumnya candi dengan langgam Jawa Tengah berbentuk tambun, atapnya berundak-undak, menghadap ke Timur, dan berbahan batu andesit. Sementara itu, candi langgam Jawa Timur berbentuk ramping, atapnya merupakan perpaduan tingkatan, menghadap ke barat, dan berbahan batu bata. Pada Candi Singasari, wisatawan dapat menyaksikan ciri khas langgam candi yang umum  di Jawa Timur tersebut.

Selain ciri khas tersebut, Candi Singasari juga kaya akan ornamen ukiran, arca, dan relief. Misalnya saja sepasang arca di sisi barat laut yang cukup menyolok, yaitu dua arca raksasa (disebut Dwarapala) dengan tinggi hampir 4 meter sedang memegang gada (senjata berbentuk alat pukul  yang ujungnya berbentuk bulat besar) menghadap ke bawah. Arca ini merupakan perlambang dua raksasa sedang menjaga kemungkinan masuknya roh jahat ke dalam  komplek candi. Dua arca unik ini konon hanya bisa ditemui di Candi Singasari,  tidak di tempat lain.

C. Lokasi

Candi Singasari berlokasi di Desa Candirenggo, Kecamatan Singasari, Kabupaten  Malang, Jawa Timur.

D. Akses

Wisatawan yang ingin berkunjung ke situs bersejarah ini dapat melakukan perjalanan dari kota Surabaya ke kota Malang dengan jarak + 92 km menggunakan angkutan umum (bus). Dari kota Malang (Terminal Arjosari), wisatawan dapat memanfaatkan angkutan umum (mikrolet) untuk  menuju Candi Singasari dengan jarak tempuh sekitar 12 km. Wisatawan bisa turun  di depan Pasar Singasari yang tak jauh dari lokasi candi. Letak Candi Singasari  berada sekitar 500 meter dari pasar ini, sehingga wisatawan dapat berjalan kaki  atau menumpang becak.

E. Harga Tiket

Wisatawan yang berkunjung ke Candi Singasari  tidak dipungut biaya.

F. Akomodasi dan Fasilitas Lainnya

Pengunjung candi yang ingin menginap dapat  menyewa hotel di kota Malang.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: