Rujak Cingur

Rujak Cingur

Kota Surabaya – Jawa Timur – Indonesia
Rujak Cingur

Rujak Cingur dapat ditemui di kota-kota kabupaten di Jawa Timur, terutama di Ibu Kota Provinsi, Surabaya

A. Selayang Pandang

Wisatawan yang berkunjung ke Jawa Timur, utamanya  ke kota Surabaya, jangan lupa mencicipi kuliner khas daerah ini. Namanya rujak cingur. Rujak adalah jenis kuliner yang memadukan antara irisan buah-buahan segar dengan saus atau bumbu yang terbuat dari bahan utama olahan kacang tanah yang digoreng dan cabai. Pada rujak cingur, bahan untuk saus diimbuhi petis  udang untuk menambah rasa lezat. Selain petis udang, yang khas dari rujak  cingur adalah tambahan cingur, yaitu irisan tulang rawan bagian hidung dan  bibir atas sapi.

Dalam komposisi yang lengkap, rujak cingur biasanya terdiri dari irisan beberapa jenis buah seperti ketimun, bengkoang, mangga muda, nanas, kedondong, dan cingur. Buah-buahan dan cingur tersebut dicampur dengan sayur-sayuran seperti tauge, kangkung, kacang panjang, dan dilengkapi lontong, tahu, dan tempe. Semua bahan tadi dikombinasikan dengan saus atau bumbu yang terbuat dari olahan petis udang, cabai, kacang tanah yang digoreng, bawang goreng, dan garam. Ada juga beberapa warung yang menambahkan mie goreng pada racikan rujak cingur. Untuk penyajiannya, tiap warung biasanya melengkapi rujak cingur dengan kerupuk.

B. Keistimewaan

Penikmat rujak cingur tidak hanya memperoleh rasa  puas pada perpaduan rasa buah, sayuran, dan sausnya yang lezat, melainkan juga kandungan gizinya yang cukup lengkap. Campuran buah, sayur, dan saus pada rujak cingur memiliki kandungan vitamin A, C, dan E, serta protein dari tauge, kacang  tanah, serta tahu dan tempe. Sedangkan karbohidrat terdapat pada lontong,  sehingga dapat menjadi pengganti makan nasi.

Bagi orang yang kurang berminat menyantap buah atau sayuran, maka sajian rujak cingur dapat menjadi alternatif cara untuk  menikmati buah dan sayuran dengan citarasa yang lebih nikmat. Para penikmat  juga memperoleh kesan lain ketika menyantap rujak dengan tambahan cingur yang kenyal seperti kikil (daging pada kaki sapi). Selain sausnya yang lezat, tambahan cingur dianggap menambah kelezatan rasa rujak cingur.

C. Lokasi

Kuliner khas Jawa Timur ini dapat ditemui di kota-kota kabupaten di Jawa Timur, terutama di Ibu Kota Provinsi, Surabaya. Di kota  Surabaya, wisatawan dapat menikmati rujak cingur di warung-warung kecil dan restoran.

D. Harga

Harga tiap porsi rujak cingur bergantung pada tiap rumah makan dan sedikit-banyaknya jumlah cingur yang disajikan. Untuk  warung kecil di pinggir jalan, rujak cingur bisa didapatkan dengan harga Rp  10.000 – Rp 20.000. Sedangkan untuk rumah makan yang lebih besar, bahkan di  restoran, harga rujak cingur mencapai kisaran Rp 35.000 sampai Rp 50.000 untuk  satu porsi.

2 Responses to “Rujak Cingur”

  1. rizki alif ashari Says:

    uuueeeenaaakkkkeee mwwwaaakknwuusss

  2. Inzanami Says:

    itu serius dari mulut sapi? gimana rasanya, gak eneg ta?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: